Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH BERHADIAH 300 JUTA TAHUN ANGGARAN 2022

 


Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotic Competition(MRC) merupakan ajang kompetisi  robot tingkat madrasah. Program ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan. Tahun kedua (2016) diselenggarakan di Mall of Indonesia, Jakarta Utara. Tahun ketiga (2017), MRC digelar ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten  berbarengan dengan Expo Pendis Kementerian Agama RI. Tahun keempat (2018), MRC digelar di Depok Town Square, Depok Jawa Barat. Tahun kelima (2019) MRC diselenggarakan di Grand City Mall Surabaya. Tahun keenam (2020), ketika Pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, MRC digelar Universitas Islam Asy-Syafi’iyyah Jakarta. Tahun ketujuh (2021), ketika Pandemi Covid-19 berada di level 3, pelaksanaan MRC dilakukan secara hybrid (online dan offline). Untuk yang offline diselenggarakan di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD Tangerang, Banten. Sedangkan MRC tahun kedelapan 2022) ini, diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Yogyakarta.

Kompetisi Robotik Madrasah 2022 mengangkat Grand Tema: THE NEXT GENERATION OF ROBOTS: MAKING BETTER LIFE”. Teknologi robot hadir untuk membantu meringankan kerja-kerja manusia dan membantu memberikan solusi bagi persoalan yang selama ini dihadapi oleh manusia, baik di tingkat lokal maupun global. Pilihan tema ini diharapkan menginspirasi generasi penerus untuk terus melakukan inovasi teknologi guna menciptakan kehidupan dunia yang lebih baik. Sebagaimana MRC tahun sebelumnya, pada tahun 2022 ini MRC memadukan beragam kemampuan siswa di bidang sains, teknologi, engineering, seni, dan matematika (STEAM).

Grand Tema tersebut memiliki subtema sebagai berikut:
  1. Robot for SchoolSiswa mengindentifikasi persoalan di madrasahnya, lalu memberikan solusi atas persoalan tersebut dengan menciptakan teknologi robot yang mampu menjawab persoalan tersebut, serta berguna bagi seluruh civitas akademik maupun lingkungan yangada di madrasah.
  2. Robot for Household Siswa mengindentifikasi persoalan di lingkungan rumah, lalu memberikan solusi atas persoalan dengan menciptakan teknologi robot yang mampu menjawab persoalan tersebut, serta berguna bagi penghuni rumah dan sekitarnya.
  3. Robot for Environment
    Siswa mengindentifikasi persoalan di lingkungan sekitarnya, lalu memberikan solusi atas persoalan dengan menciptakan teknologi obot yang mampu menjawab persoalan tersebut, serta berguna bagi seluruh masyarakat dan lingkungan. Selain kompetisi, MRC tahun ini juga menggelar pameran yang dihadiri oleh perusahaan robotika, maupun komunitas-komunitas robotika yang ada di Indonesia maupun dari luar negeri.
A. PELAKSANAAN
Kegiatan Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional adalah kegiatan yang diikuti oleh peserta dari madrasah-madrasah di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat MI, MTs, hingga MA. Model dan jenis robot yang dipertandingkan sebagaimana yang telah diatur oleh panitia dan
tercantum dalam buku pedoman ini.

B. PEMBIAYAAN
Pelaksanaan Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional menggunakan biaya dari APBN Kementerian Agama Pusat.

C. PENYELENGGARA
Kompetisi Robotik Madrasah merupakan ajang kompetisi robot tingkat Madrasah seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

D. KATEGORI KOMPETISI
Ada tiga kategori dalam MRC tahun ini:

1. Robot Inovasi untuk tingkat MI, MTs, dan MA.
2. Mobile Robot untuk tingkat MI
3.
Battle Robot untuk tingkat MTs dan MA




JADWAL-JADWAL PENTING

NO TANGGAL KEGIATAN
1 26 Sept -26 Oktober 2022 Sosialisasi dan Pendaftaran
Online
2 28-29 Oktober 2022 Seleksi administrasi,
makalah dan video
3 1 November 2022 Pengumuman Peserta lolos
4 1-5 November 2022 Konfirmasi kesediaan
Mengikuti Kompetisi
5 6 November 2022Briefing (QnA) MRC 2022
diikuti oleh seluruh peserta
MI, MTs, dan MA secara
online
6 22-23 November 2022Kompetisi Robot Inovasi,
Mobile, dan Battle Robot MI,
MTs, MA

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

  1. Kompetisi Robotik Madrasah Kategori Robot Inovasi, Mobile, dan Battle Robot Jenjang MI, MTs, dan MA, diselenggarakan pada:
Hari : Selasa-Rabu
Tanggal : 22-23 November 2022
Jam : 08:00 WIB sampai selesai
Tempat Kompetisi : GOR Universitas Negeri Yogyakarta
Jl. Colombo Yogyakarta
No.1, Karang Malang, Caturtunggal,
Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Tempat Penginapan : Menyesuaikan (panitia akan menentukan
hotel di sekitar tempat kegiatan).

Silahkan bisa di baca langsung  PANDUAN KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH (MADRASAH ROBOTICS COMPETITION) TAHUN ANGGARAN 2022.



PANDUAN KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH 2022
Hasan Herdiana File Size 1,85MB
Jika tidak mengunduh secara otomatis, klik manually

Posting Komentar untuk "KOMPETISI ROBOTIK MADRASAH BERHADIAH 300 JUTA TAHUN ANGGARAN 2022"