Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DOWNLOAD RPP VERSI 1 LEMBAR B. ARAB SMP/MTS KELAS 8 SEMESTER 1 & 2

 


RPP ini sudah Sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud No 14 Tahun 2019 Versi 1 (satu) Lembar. RPP ini dirancang khusus dalam kondisi darurat pandemi Covid-19 yang lebih efektif dan kompetebel. fungsi perangkat pembelajaran sebagai berikut: 

1. Sebagai pedoman pembelajaran bagi guru
2. Sebagai tolok ukur keberhasilan pembelajaran di kelas
3. Sebagai media untuk meningkatkan profesionalisme guru
4. Sebagai alat untuk memudahkan guru dalam memfasilitasi pembelajaran.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
(Sesuai KMA 183 2019) 
DOWNLOAD FILE👇
Sekolah : MTs ..................
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )
Ganjil Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
P1 Materi Pokok : الساعة
Sub Materi : Kosa Kata Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Waktu ( الساعة
( Kompetensi Dasar : 3.1; 4.1 )

Alat dan Media Pembelajaran Alat : Laptop , lcd/proyektor, Sumber belajar : Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya Media Pembelajran : Gambar , powerpoint, Buku Guru & Siswa

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1 Menjelelaskan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema الساعة yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal
التيبي العدد 4.1.1 Mempraktekkan kosa kata memberi dan meminta informasi terkait waktu dengan memperhatikan susunan gramatikal التيبي العدد baik secara lisan maupun tulisan. 

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima'), berbicara (kalam), membaca (qira' ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumbersumber ajaran Islam dan sebagai alat komunikasi internasional.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan bahasa yang mencakup gramatika, wacana, strategi, sosiologis, dan budaya.. 

PENDAHULUAN
❖ Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)
❖ Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)
❖ Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran INTI 

KEGIATAN INTI
Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kosa Kata Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Waktu (الساعة)
( Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kosa Kata Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Waktu (الساعة)
( Collaboration Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kosa Kata Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Waktu (الساعة)
( Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Kosa Kata Memberi Dan Meminta Informasi Terkait Waktu (الساعة (Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami 

PENUTUP
 Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
 Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersamasama. 

PENILAIAN Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

UNTUK FILE LENGKAP NYA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

Demikian...semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk "DOWNLOAD RPP VERSI 1 LEMBAR B. ARAB SMP/MTS KELAS 8 SEMESTER 1 & 2"