Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah.


Dirjen pendidikan islam kemenag Ali Ramdani.

daarussalam.com- Kemenag meminta Madrasah lebih bersahabat dengan Teknologi. Dia menyebut kecakapan pemanfaatan teknologi harus terus ditingkatkan agar madrasah mampu menjawab tantangan revolusi industri 4.0. "Dalam kondisi ini hanya dengan bersahabat dengan teknologi khususnya teknologi digital, kita dapat bersanding dan bertanding dalam menjalani kehidupan kekinian," kata Ali dalam webinar madrasah cakap digital, Rabu, 4 Agustus 2021.
 
Menurutnya, pemanfaatan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari semakin tak terhindarkan. Terlebih, ketika pandemi covid-19 melanda dunia. 

Siswa-siswi MAS Daarussalam Karangnunggal Tasikmalaya sedang belajar menggunakan Komputer

"Memaksa kita untuk lebih memanfaatkan dan mengoptimalkan teknologi pada berbagai sektor kehidupan termasuk di dalamnya adalah sektor pendidikan," sebut dia.

Dirjen mengatakan, saat ini pun pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai platform berbasis internet, sudah banyak digunakan Madrasah. Tinggal bagaimana madrasah memperkuat literasi digital yang bermuara pada penciptaan budaya digital yang sehat.
 
Bagi Ali, membangun dunia digital tidak hanya tertuju pada persoalan bagaimana memiliki dan menjalankan peralatan yang canggih. Tetapi, turut membentuk kesadaran agar bijak dalam menelaah informasi dari ruang digital.
 
Ia pun mengajak madrasah membuka pola pikir dan cara pandang dalam menggunakan dan mengoptimalkan teknologi. Namun, tanpa menghilangkan hal yang esensial dari setiap perkembangan peradaban manusia.
 
"Yakni implementasi dari kearifan budaya yang memuat nilai-nilai kebaikan yang berintisari nilai-nilai etika pada lingkungan pendidikan Islam," ungkapnya.


Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Pembelajaran Berorientasi Teknologi Informasi di Lingkup Madrasah."